Saturday 14 April 2012

Tips dan Trik Membuat Desain Poster (part 1)

Dalam kesempatan ini, saya akan berbagi kepada teman-teman semua, bagaimana cara membuat sebuah poster yang baik. Saya bukanlah ahlinya desain, tapi hanya ingin membagikan pengalaman saya selama ini dalam dunia desain. Semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman yang sedang kebingungan dalam membuat desain poster. Disini yang saya tulis adalah murni dari pengalaman pribadi ditambah berbagai sumber dari sharing-sharing dan komentar juri saat kompetisi
Sebelum memasuki cara membuat poster, perlu diketahui dulu, syarat poster yang baik. Poster adalah sebuah media visual yang digunakan untuk menyampaikan pesan tertentu, sebuah poster yang baik haruslah menarik dan yang lebih penting lagi, menyampaikan pesan yang jelas kepada masyarakat yang membutuhkan informasi pada poster tersebut.

Poster yang menarik adalah poster yang: 
1) Memiliki paduan warna yang baik,. 
    Paduan warna yang baik adalah paduan warna dengan kontras yang cukup dan kecerahan gambar/tulisan yang baik. Untuk faktor paduan warna ini bisa didapatkan dari pengalaman, teman-teman apabila bingung warna mana yang bagus, bisa mencoba-coba kombinasi warna yang ada. jangan takut mencoba, pada awalnya memang agak lama, namun lama kelamaan akan terbiasa dan akan meningkatkan kemampuan desain teman-teman. 
2)Memiliki fokus utama (bisa berupa gambar atau tulisan). 
   Fokus utama ini mutlak diperlukan dalam sebuah poster. Sebuah poster yang memiliki fokus utama yang baik akan membuat orang tertarik melihat dan mempermudah pesannya tersampaikan. Misalnya teman-teman ingin membuat poster publikasi suatu acara pagelaran seni, teman-teman ambil satu gambar yang mencerminkan acara tersebut dan pakailah sebagai gambar utama. Misalnya kesenian daerah, ambillah gambar gamelan atau batik, misalnya pagelaran wayang, ya ambillah salah satu/ kelompok wayang yang populer atau yang akan ditampilkan pada acara tersebut. Ingatlah bahwa Fokus utama bisa juga berupa tulisan yang dibuat besar atau dibuat menonjol dengan cara di buat kontras warnanya dibanding dengan sekitarnya. 
3)Sederhana, dan tidak membingungkan. 
    Poster yang sederhana akan memudahkan pembaca dalam mengakses informasi yang penting. Apabila tidak diperlukan banyak tulisan, maka jangan banyak tulisannya. Apabila keterangannya banyak, maka sebisa mungkin singkatlah dan buat dengan tata letak yang baik. Dengan keterangan banyak misalnya acara yang banyak dan dengan pemateri yang banyak pula (seperti seminar atau workshop), tuliskan terebih dahulu judul acaranya, tambahkan gambar utama, dan beri keterangan pematerinya siapa saja dan tempat,jam pelaksanaan. Untuk keterangan tambahan seperti harga tiket bisa ditambahkan di sudut-sudut yang masih tersisa, dengan dibuat kontras yang baik, lalu untuk keterangan pengalaman pemateri, bisa dibuat kecil-kecil di bagian paling bawah sebuah poster, atau berikan satu pencapaian terbaik/ status terbaik sang pemateri setelah namanya, misalnya sang pemateri adalah : motivator nomer 1, Dokter termuda dalam sejarah, dll. 

Setelah mengetahui syarat poster yang baik, maka selanjutnya adalah tips dan trik dalam membuat poster yang baik.

-bersambung-



3 komentar:

Anonymous said...

Hmmm. makasih ya bro. kayaknya ini yang saya butuhkan. soalnya mau ada lomba poster gitu.

Unknown said...

Sama2...semoga tips sederhana ini bermanfaat..ini juga dari pengalaman2 saya dari ikut lomba2 desain selama ini ^^

Unknown said...

butuh slogan buat poster go green :D

Post a Comment

jangan sungkan-sungkan komentar disini ya, kita sama-sama belajar dan menimba ilmu serta pengalaman

 
;