Friday 27 April 2012

Sialyl-Lewis X : Karbohidrat antigen sebagai marker kanker payudara


               Kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat, dan tidak terkendali. Berdasarkan data dari American Cancer Society, sekitar 1,3 juta wanita terdiagnosis menderita kanker payudara dan tiap tahunnya di seluruh dunia kurang lebih 465.000 wanita meninggal oleh karena penyakit ini. Sementara itu, berdasarkan American Cancer Society, secara umum, angka kejadian kanker payudara meningkat sekitar 30 % dalam kurun waktu 25 tahun di negara-negara maju. (Ferlay et al., 2001). Kanker payudara merupakan penyakit yang menjadi permasalahan terbesar baik di negara maju maupun negara berkembang. Di dunia, 12% penyebab kematian disebabkan oleh kanker dan kanker merupakan pembunuh nomor dua setelah penyakit kardiovaskular. Kanker payudara ini merupakan kanker yang paling banyak diderita wanita Indonesia dibandingkan dengan kanker serviks (Depkes, 2011).
          Metode untuk screening kanker payudara saat ini masih mengandalkan mamografi, SARARI dan beberapa biomarker. Untuk biomarker yang digunakan biasanya adalah CEA, CA15-3, BCA2 25, yang tingkat akurasinya masih kurang optimal, sehingga diperlukan suatu metode screening dan diagnostik penunjang untuk menegakkan diagnosis kanker payudara.
Sialyl-Lewis X adalah sebuah karbohidrat tetrasaccharide antigen yang terikat oleh O-glycan pada  permukaan sel yang berfungsi sebagai ligan dari selektin untuk proses inflamasi. Sialyl-Lewis X (SleX) adalah ligan dari selectin yang ada di permukaan endothel. (Kajiwara et al,2005). Kita ketahui bahwa karbohidrat,khususnya glukosa dibutuhkan sebagai bahan untuk sel kanker dapat bertahan hidup, dan ternyata karbohidrat ini disintesis juga oleh sel kanker untuk meningkatkan metastasis melalui pembentukan Sialyl-Lewis X.
Dengan diketahuinya Sialyl-Lewis X sebagai penanda dari metastasis sel kanker, maka Sialyl-Lewis X adalah salah satu kandidat marker baru untuk kanker payudara.

0 komentar:

Post a Comment

jangan sungkan-sungkan komentar disini ya, kita sama-sama belajar dan menimba ilmu serta pengalaman

 
;