Monday 8 October 2012

Its Exam Time!!


Ujian bersama dr.RK merupakan ujian coass pertama yang saya hadapi dan sekaligus merupakan ujian paling bersejarah di perguruan psikiatri, karena ujian satu orang saja berhadapan dengan dr.RK (yang dari pengalaman beberapa tahun terakhir selalu minimal 2 orang yang ujian bersama). Ujian dimulai dari wawancara pasien didampingi beliau. Disini saya pas dapet pasien yang introvert dan cenderung antisosial dan malas bicara. Mampus deh! Gimana caranya saya dapat data wawancara yang lengkap kalau begini? Sudah ujian diawasi beliau dengan perasaan gundah ditambah pasiennya seperti ini, waduuh lengkap sudah kegalauan saya hari itu. Namun akhirnya saya wawancarai saja sebisa saya dan Alhamdulillah bisa dapat data anamnesa yang cukup lengkap, karena pasien ini sudah mulai mau bicara walaupun satu kata satu kata.

Setelah ujian ini, saya harus membuat rangkuman anamnesa hingga terapi dan prognosis pasien dalam bentuk tertulis. Keesokan harinya saya ujian yang sebenarnya dengan dr RK di rumahnya. Umah beliau cukup dekat dari RSSA, dan sangat mudah aksesnya. RUmahnya sangat besar dengan taman-taman yang ditumbuhi berbagai macam tanaman serta dekor`si teras yang mewah, serta air mancur yang menghiasi pemandangan itu. Singkat cerita saya masuk dengan perasaan was-was dan takut akan apa yang akan saya hadapi nanti. Semoga saya masih hidup setelah ujian ini..hhehe
Ujian dimulai dengan kritisi wawancara saya kemarin, dan semua hal seputar ilmu pengetahuan dasar kedokteran jiwa. Alhamdulillah saya bias jawab hamper semua pertanyaan namun dengan sepotong-sepotong. Secara umum saya puas dengan jawaban saya karena memang pertanyaan-pertanyaan beliau ini sudah benar-benar melampaui kapasitas belajar saya waktu itu.hhehee
Di akhir sesi saya malah diberikan tantangan untuk bertanya pada beliau seputar apapun. Nnaahh! Pas sekali ini momen yang saya tunggu-tunggu, kalau saya bias Tanya sesuatu yang menarik bagi beliau, semoga saja hubungan kami semakin akab terutama pada hubungan “nilai” yang semakin baik. Huahaha..Karena beliau sukanya tentang ilmu-ilmu jiwa, roh, dan spiritualitas ya saya Tanya-tanya seputar hal itu, dan benar dugaan saya beliau sangat tertarik dengan hal itu dan suasana ujian yang tadinya tegang jadi lebih santai. Ujian saya ini kalau ditotal ada hampir 3 jam dan 45 menit terakhirnya dihabiskan untuk diskusi tentang spiritualitas, jiwa dan roh..hohohoooo semoga saja nilai saya bias bagus, bukan karena “pendekatan” tapi kerena memang saya layak dapat nilai bagus kaena ilmu saya..fufufufuuu amiinnnn….

0 komentar:

Post a Comment

jangan sungkan-sungkan komentar disini ya, kita sama-sama belajar dan menimba ilmu serta pengalaman

 
;