Monday 8 October 2012

u-j-i-a-n


Minggu ke 4 adalah minggu terakhir sekaligus minggu ujian, dimana 5 hari ini akan dihabiskan untuk ujian bersama supervisor/dokter senior. Tiap supervisor memiliki gaya tersendiri dalam menguji Coass, dan masing-masing punya system penilaian sendiri-sendiri pula. Kita mulai dari dr.W, beliau ini terkenal tegas dan kejam pada saat menguji Coass, apalagi kalau coass itu tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan beliau maka habis sudah coass itu apabila tidak punya mental baja. Suara beliau yang keras dan sindiran yang menusuk menjadi ciri khas ujian bersama beliau, namun menurut pengalaman-pengalaman sebelumnya beliau ini termasuk yang sangat murah memberikan nilai. Hampir semua mahasiswa yang ujian dengan beliau mendapat nilai A, namun harus rela babak belur dahulu pada saat ujian.


Kita beralih ke dr.RK, beliau terkenal sebagai orang yang baik dan bijaksana dan pada saat ujian terkenal memberikan pertanyaan-pertanyaan yang diluar dugaan dan mementingkan pemahaman. Baliau ini kalau nguji suka menyuruh mahasiswa datang kerumahnya kemudian ujian disana (maklum beliau sudah berumur dan harusnya sudah pension namun masih diminta tolong sebagai tenaga pengajar di Psikiatri). Yang paling enak dari beliau ini adalah suasana pada saat ujian itu tidak setegang ujian dengan dr.W, namun beliau ini termasuk cukup pelit dalam penilaian. Dari beberapa pengalaman, yang mendapat nilai A pada saat ujian bersama beliau ini bisa dikatakan sedikit sekali tiap angkatan.
Dr.FD tidak sekejam dr.W dan tidak pelit nilai seperti dr.RK, yaa sedang-sedang saja, standart seorang penguji, dan beberapa mahasiswa beruntung bisa ujian bareng beliau. Karakeristik yang sama bisa ditemui pada dr.HP, namun kalau ujian sama beliau ujian yang sering keluar adalah seputar farmakologi terapi gangguan jiwa.

Untuk bisa ujian dengan salah satu dari beliau ini harus lewat pengundian, daaaaann “beruntung” saya mendapat ujian dengan dr.RK (gak tahu harus sedih atau bunuh diri), yang jelas ini sudah takdir dan harus dihadapi.T__T

Ujian bersama beliau ini sistemnya adalah kita mewawancarai seseorang pasien dengan beliau mengawasi, kemudian dibuat laporannya dan esoknya datang ke rumah beliau untuk diuji. Harusnya ujian ini 2-3 orang bersama-sama kerumah beliau, namun pada hari-H ujian tiba-tiba 2 pasien yang harusnya jadi pasien teman sekelompoku yang ujian bareng harus Pulang karena sudah dianggap sembuh dan ada yang pulang paksa, dan satu-satunya yang belum pulang adalah pasien saya,TIDAKKKK!! Terpaksa saya harus ujian sendirian dan sendirian pula kerumah beliau, dan ini adalah pengalaman pertama dari beberapa tahun perjalanan Coass psikiatri, ujian one on one bersama dr.RK.
Semoga ujian saya bisa diberi yang terbaik…Amiinnnnn

0 komentar:

Post a Comment

jangan sungkan-sungkan komentar disini ya, kita sama-sama belajar dan menimba ilmu serta pengalaman

 
;