Thursday 12 April 2012

SIgA


Secretory IgA.  
Immunoglobulin A (IgA) adalah system imun humoral yang dihasilkan oleh sel plasma di daerah mukosa tubuh,terutama di lapisan laminia propria, karena itulah IgA juga sering disebut dengan system imun mukosa, atau system imun sekretori( secretory immunity). Secretory IgA (S-IgA) memiliki berat molekul 380.000kd dengan koefisien  sedimentasi 11S. S-IgA  ditemukan dalam jumlah sedikit pada serum, namun ditemukan pada jumlah yang banyak di sekresi saluran nafas, saluran cerna, saluran kemih, air mata, keringan, ludah, dan pada Air susu Ibu (ASI) (abbas dan Litchman,2004)
Pada manusia, jalan masuk bakteri yang paling berpengaruh adalah melalui traktus gastrointestinal dan traktus respirasi, sehingga dipelukan jumlah sIgA yang tinggi sebagai system pertahanan tubuh.  Jumlah IgA yang disekresikan di mukosa saluran cerna sebanyak 60%-70% dari setiap 3 gram total antibody yang dikeluarkan oleh tubuh. S-IgA berfungsi untuk mengikat mikroba dan mencegah penempelan mikroba pada epitel dan bersifat menetralisasi toksin, sehingga infeksi bakteri pada hospes akan berkurang (Abbas dan Litchman,2004).
Stimulasi pembentukan S-IgA dimulai dari presentasi antigen oleh APC kepada sel T. Sel T helper akan menstimulasi sel B yang bertanggungjawab dalam pembentukan IgA. Switching isotope menuju IgA, dirangsang oleh TGF β dan IL-5 yang diproduksi oleh sel T. IgA yang dihasilkan di mukosa lebih banyak daripada di bagian tubuh yang lain, disebabkan karena isotype switching IgA terjadi paling efisien di  jaringan limfoid mukosa. Sel B yang memproduksi IgA juga mempunyai kecenderungan homing ke jaringan mukosa (Abbas dan Litchman,2004).

0 komentar:

Post a Comment

jangan sungkan-sungkan komentar disini ya, kita sama-sama belajar dan menimba ilmu serta pengalaman

 
;